Sistem Bus Pada Komputer

Assalammualaikum Wr.Wb
Disini saya akan membahas tentang "Sistem Bus Pada Komputer".
Materi yang akan kita bahas pada blog kali ini adalah :

1.Pengertian Bus Dan Sistem Bus
2.Struktur Bus
3.Cara Kerja Sistem Bus
4.Beberapa Contoh Sistem Bus

Kita mulai saja pembahasannya :

1.Pengertian Bus Dan Sistem Bus

Bus adalah Penghubung Bagi Keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya,contoh tugas Bus adalah transfer data antar komponen komputer.

SEDANGKAN

Sistem Bus Adalah Suatu Set koneksi fisik berupa kabel,sirkuit cetak,dll yang dapat digunakan bersamaan oleh beberapa komponen hardware komputer untuk berkomunikasi satu sama lain.

 2.Struktur Bus pada komputer
    Bus juga memiliki struktur agar sistemnya berjalan dengan baik dan lancar,bus memiliki 3 struktur antara lain :

    1.Bus Data
       Berfungsi sebagai jalur-jalur perpindahan antar modul pada sistem komputer.
    2.Bus Alamat/Address
       Bus yang berfungsi untuk menandakan lokasi sumber dan tujuan pada proses transfer data.
    3.Bus Control/Kontrol
      Bus yang digunakan untuk mengontrol izin akses ke data bus atau address bus,mengatur keluar
      masuknya data,dan mengatur lalu lintas sistem bus pada komponen komputer.

3.Cara Kerja Sistem Bus
    Sistem bus juga memiliki cara kerja berikut sedikit penjelasan mengenai cara kerja sistem bus pada komputer.

-Pada saat jalur alamat,komponen melewati alamat memori satu sama lain melalui bus alamat,yang mendekripsikan keberadaan data dan kemana data harus pergi dalam suatu operasi.
-Kemudian pada jalur kontrol digunakan untuk mengirim sinyal untuk mengkoordinasikan dan mengatur aktivitas komponen motherboard.
-Dan pada jalur data,data ditransfer antar perangkat peripheral komputer,seperti Memory,Cpu,dll.

4.Beberapa Contoh Bus Utama

 -Bus AGP ( Accelerated graphics port )     
sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.Spesifikasi AGP pertama kali (1.0) dibuat oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996. Sebenarnya AGP dibuat berdasarkan bus PCI, tapi memiliki beberapa kemampuan yang lebih baik.







-Bus PCI ( Peripheral Component Interconnect )


bus yang didesain untuk menangani beberapa perangkat keras. Standar bus PCI ini dikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh Intel Corporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA.Adapun fungsi PCI adalah slot untuk menambahkan peripheral tambahan yang belum terpasang pada motherboard,contohnya VGA Card atau Sound Card.




-Universal Serial Bus (USB)



Bus serial atau yang sering kita dengar dengan istila USB adalah Suatu perangkat penghubung, biasanya terdapat pada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.


USB dapat menghubungkan peralatan tambahan komputer seperti mouse, keyboard, pemindai gambar, kamera digital, printer, hard disk, dan komponen networking. USB kini telah menjadi standar bagi peralatan multimedia seperti pemindai gambar dan kamera digital. Bus ini dikembangkan oleh tujuh vendor komputer, yaitu Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northern Telecom.



Cukup sampai disini penjelasan dari saya mengenai "Sistem Bus Pada Komputer" Jika masih bingun saya sudah menyediakan Metode pembelajaran lain yaitu melalu Video&Animasi Jika anda berkenan Visit Video saya dengan materi yang sama namun penjelasan yang sedikit berbeda ^_^ ---> https://youtu.be/3WYjVTQIIi4 <--- Sekian terima kasih materi dari saya,apabila ada kesalahan mohon dimaafkan..Wassalammualaikum Wr.Wb








Komentar